Soal PTS/UTS Matematika Kelas 9 Semester 1 dan Pembahasannya
Penilaian Tengah Semester (PTS) kurikulum 2013 yang sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester (UTS) pada kurikulum 2006 (KTSP) dilaksanakan pada pertengahan semester baik pada semester 1 (ganjil/gasal) maupun pada semester 2 (genap). PTS dilukakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mereprentasikan seluruh seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut.
Berikut ini adalah contoh soal-soal latihan dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS) kalau dalam kurikulum 2006 mata pelajaran matematika untuk kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Gasal/Ganjil) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018.
Soal-soal ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam belajar untuk menghadapi ujian soal PTS/UTS Matematika kelas VIII Semester 1.
Bagi yang masih merasa kesulitan pada soal ini diberikan pembahasannya sekaligus. Pembahasan berupa video pembelajaran daring/online mata pelajaran matematika SMP/MTs.
Materi soal PTS Matematika Kelas 9 Semester 1 diambil sesuai buku siswa/ buku guru Matematika Kelas 9 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.
Soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Materi dari soal PTS Matematika Kelas 9 Semester 1 K-13 terdiri dari 2 BAB yaitu:
BAB 1 Perpangkatan dan Bentuk Akar
A. Bilangan Berpangkat
1. Memahami Konsep Bilangan Berpangkat
2. Menggunakan Notasi Pangkat
B. Perkalian pada Perpangkatan
1. Mengalikan Perpangkatan dengan Basis Sama
2. Memangkatkan Suatu Perpangkatan
3. Memangkatkan Suatu Perkalian
C. Pembagian pada Perpangkatan
1. Pembagian Perpangkatan dengan Basis Sama
2. Perpangkatan pada Pecahan
D. Pangkat Nol dan Pangkat Negatif
E. Bentuk Akar
Bab II Persamaan dan Fungsi Kuadrat
Bab II Persamaan dan Fungsi Kuadrat
2.1 Persamaan Kuadrat
2.2 Grafik Fungsi Kuadrat
2.3 Sumbu Simetri dan Nilai Optimum
2.4 Menentukan Fungsi Kuadrat
2.5 Aplikasi Fungsi Kuadrat
Soal PTS Matematika Kelas 9 SMP Semester 1 Kurikulum 2013
Jawablah soal di bawah ini dengan benar!
BAB I PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR
Nomor 1
Hasil dari 3⁷ : 3³ + 2⁴ × 2³ adalah ….
A. 179
B. 189
C. 209
D. 229
Nomor 2
Hasil dari 3⁻² + 2⁻³ adalah …
A. -¹⁷/₇₂
B. -¹³/₇₂
C. ¹³/₇₂
D. ¹⁷/₇₂
Nomor 3
(–3)⁴ + (–3)³ +(–3)² + (–3)¹+ (–3)⁰ hasilnya ….
A. 57
B. 59
C. 60
D. 61
Nomor 4
Jika a² : 5² = 25, nilai dari a adalah ….
A. –25
B. –5
C. 5
D. 25
Nomor 5
Jika (¹/₉)˟ = 234, maka nilai x adalah ….
A. –3
B. –2,5
C. 2,5
D. 3
Nomor 6
Jika diketahui 3xy = 20 maka nilai dari 18a²b² adalah ….
A. 640
B. 780
C. 800
D. 840
Nomor 7
Bentuk sederhana p⁻⁴q⁵ : p⁻¹q⁶ × p²q⁵ : p⁻³q⁻² adalah ….
A. p²q⁴
B. p⁴q²
C. p⁻⁶q¹²
D. p⁻²q⁻⁴
Nomor 8
Hasil dari (4²)³ × (0,5)³ : (0,5)² × 4⁴ adalah ….
A. 2
B. 4
C. 8
D. 16
Nomor 9
Hasil dari (64² + 16³) : 4⁶ adalah ….
A. 1
B. 2
C. 4
D. 8
Nomor 10
Bentuk sederhana 2⁻² : b⁻² × 6 × 3⁻²
A. 3a³/4b²
B. 4b³/3a²
C. 3b²/4a³
D. 4b²/3a³
Nomor 11
Hasil dari √63 – √28 adalah ….
A. √7
B. 2√7
C. 3√7
D. 4√7
Nomor 12
Hasil dari 3√3 × 2√18 : √2 adalah ….
A. 3√3
B. 6√3
C. 12√3
D. 18√3
Nomor 13
Bentuk sederhana (2√98 + 3√72) : (3√48 - 2√75) adalah ….
A. (¹⁶/₃)√6
B. (¹⁶/₃)√3
C. (³²/₃)√6
D. (³²/₃)√3
Nomor 14
Jika diketahui √2 = m dan √3 = n, maka nilai dari √12 - √32 adalah ….
A. 4n – 2m
B. 4m – 2n
C. 2n – 4m
D. 2m – 4n
Nomor 20
Jika x₁ dan x₂ merupakan akar-akar dari persamaan x² – 4x – 45 = 0 dan x₁ > x₂, maka nilai dari 2x₁ – 3x₂ adalah ….
Nomor 23
Hasil penjumlahan akar-akar persamaan kuadrat 3x² – 15x – 10 = 0 adalah ….
Nomor 25
Persamaan yang akar-akarnya 4 lebihnya dari akar-akar persamaan x² – x – 15 = 0 adalah ….
Nomor 26
Sumbu simetri grafik fungsi f(x) = x² – 6x – 16 adalah ….
Nomor 30
Persamaan grafik fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada koordinat (–2, 0) dan memiliki titik puncak pada koordinat (2, –16) adalah ….
A. f(x) = x² + 4x + 12
B. 4m – 2n
C. 2n – 4m
D. 2m – 4n
BAB II PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT
Nomor 15
Jika salah satu akar persamaan x² + 4x + c = 0 adalah 3, maka akar lainnya adalah ….
A. –7
B. –1
C. 1
D. 7
Nomor 16
Nilai diskriminan dari persamaan x² + 4x + 5 = 0 adalah ….
A. –5
B. –4
C. 4
D. 5
Nomor 17
Persamaan kuadrat x – 3 = 32/(x + 1) mempunyai himpunan penyelesaian ….
A. {x|x = 7 atau x = 5}
B. {x|x = 7 atau x = –5}
C. {x|x = –7 atau x = 5}
D. {x|x = –7 atau x = –5}
Nomor 18
Jika x₁ dan x₂ akar-akar persamaan 3x² + 6x + 1 = 0, nilai dari (¹/x₁) + (¹/x₂) adalah ….
Nomor 15
Jika salah satu akar persamaan x² + 4x + c = 0 adalah 3, maka akar lainnya adalah ….
A. –7
B. –1
C. 1
D. 7
Nomor 16
Nilai diskriminan dari persamaan x² + 4x + 5 = 0 adalah ….
A. –5
B. –4
C. 4
D. 5
Nomor 17
Persamaan kuadrat x – 3 = 32/(x + 1) mempunyai himpunan penyelesaian ….
A. {x|x = 7 atau x = 5}
B. {x|x = 7 atau x = –5}
C. {x|x = –7 atau x = 5}
D. {x|x = –7 atau x = –5}
Nomor 18
Jika x₁ dan x₂ akar-akar persamaan 3x² + 6x + 1 = 0, nilai dari (¹/x₁) + (¹/x₂) adalah ….
A. 6
B. ¹/₆
C. –¹/₆
B. ¹/₆
C. –¹/₆
D. –6
Nomor 19
Persamaan 3x² – 3x – 7 = 0 jika diubah ke bentuk kuadrat sempurna menjadi ….
A. (3x – 3)² = 7
B. (x – 1)² = ⁷/₃
C. (x – ½)² = ¹⁰/₃
D. (x – ½)² = ³¹/₁₂
Nomor 19
Persamaan 3x² – 3x – 7 = 0 jika diubah ke bentuk kuadrat sempurna menjadi ….
A. (3x – 3)² = 7
B. (x – 1)² = ⁷/₃
C. (x – ½)² = ¹⁰/₃
D. (x – ½)² = ³¹/₁₂
Nomor 20
Jika x₁ dan x₂ merupakan akar-akar dari persamaan x² – 4x – 45 = 0 dan x₁ > x₂, maka nilai dari 2x₁ – 3x₂ adalah ….
A. –3
B. 3
C. 33
D. 41
Nomor 21
Dua bilangan cacah ganjil berurutan masing-masing adalah p dan q. Jika pq = 143, maka nilai (p + q)² = ….
B. 3
C. 33
D. 41
Nomor 21
Dua bilangan cacah ganjil berurutan masing-masing adalah p dan q. Jika pq = 143, maka nilai (p + q)² = ….
A. 121
B. 144
C. 169
D. 576
Nomor 22
Diketahui akar-akar suatu persamaan kuadrat adalah 2 dan 7. Persamaan kuadrat yang dimaksud adalah ….
A. x² + 9x + 41 = 0
B. 144
C. 169
D. 576
Nomor 22
Diketahui akar-akar suatu persamaan kuadrat adalah 2 dan 7. Persamaan kuadrat yang dimaksud adalah ….
A. x² + 9x + 41 = 0
B. x² + 9x – 14 = 0
C. x² – 9x – 14 = 0
D. x² – 9x + 14 = 0
Nomor 23
Hasil penjumlahan akar-akar persamaan kuadrat 3x² – 15x – 10 = 0 adalah ….
A. 3
B. 5
C. 8
D. 18
Nomor 24
Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya merupakan lawan dari akar-akar persamaan 3x² – 5x – 4 = 0 adalah ….
A. 4x² + 5x = 3
B. 5
C. 8
D. 18
Nomor 24
Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya merupakan lawan dari akar-akar persamaan 3x² – 5x – 4 = 0 adalah ….
A. 4x² + 5x = 3
B. 4x² – 5x = 3
C. 3x² + 5x = 4
D. 3x² – 5x = 4
Nomor 25
Persamaan yang akar-akarnya 4 lebihnya dari akar-akar persamaan x² – x – 15 = 0 adalah ….
A. x² + 7x – 3 = 0
B. x² + 7x + 3 = 0
C. x² – 9x – 5 = 0
D. x² – 9x + 5 = 0
Nomor 26
Sumbu simetri grafik fungsi f(x) = x² – 6x – 16 adalah ….
A. x = 3
B. x = 2
C. x = –2
D. x = –3
Nomor 27
Nilai optimum dan jenisnya dari fungsi kuadrat y = –2(x – 3)² – 4 adalah ….
B. x = 2
C. x = –2
D. x = –3
Nomor 27
Nilai optimum dan jenisnya dari fungsi kuadrat y = –2(x – 3)² – 4 adalah ….
A. y = 4 dan maksimum
B. y = –4 dan maksimum
C. y = 4 dan minimum
D. y = –4 dan minimum
Nomor 28
Bila fungsi y = x² + 6x − m mempunyai nilai minimum 4 maka nilai m adalah ….
B. y = –4 dan maksimum
C. y = 4 dan minimum
D. y = –4 dan minimum
Nomor 28
Bila fungsi y = x² + 6x − m mempunyai nilai minimum 4 maka nilai m adalah ….
A. –13
B. –9
C. 9
D. 13
Nomor 29
Persamaan grafik fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada titik koordinat (4, 0) dan (–3, 0) serta melalui titik koordinat (2, –10) adalah ….
A. f(x) = x² + x – 12
B. –9
C. 9
D. 13
Nomor 29
Persamaan grafik fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada titik koordinat (4, 0) dan (–3, 0) serta melalui titik koordinat (2, –10) adalah ….
A. f(x) = x² + x – 12
B. f(x) = x² – x – 12
C. f(x) = x² + x + 12
D. f(x) = x² – x – 12
Nomor 30
Persamaan grafik fungsi kuadrat yang grafiknya memotong sumbu-x pada koordinat (–2, 0) dan memiliki titik puncak pada koordinat (2, –16) adalah ….
A. f(x) = x² + 4x + 12
B. f(x) = x² – 4x + 12
C. f(x) = x² + 4x – 12
D. f(x) = x² – 4x – 12
SELAMAT BELAJAR
===
Soal latihan persiapan tes/ujian/ulangan PH/UH PTS/UTS PAS/UAS PAT/UKK USBN UNBK
Video pembelajaran materi dan soal matematika Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs