Soal PTS/UTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Pembahasannya


Penilaian Tengah Semester (PTS) kurikulum 2013 yang sebelumnya disebut Ulangan Tengah Semester (UTS) pada kurikulum 2006 (KTSP) dilaksanakan pada pertengahan semester baik pada semester 1 (ganjil/gasal) maupun pada semester 2 (genap). PTS dilukakan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mereprentasikan seluruh seluruh kompetensi dasar pada periode tersebut.

Berikut ini adalah contoh soal-soal latihan dalam menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS) kalau dalam kurikulum 2006 mata pelajaran matematika untuk kelas 8 (VIII) SMP/MTs Semester 1 (Gasal/Ganjil) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Soal-soal ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam belajar untuk menghadapi ujian soal PTS/UTS Matematika kelas VIII Semester 1. 

Bagi yang masih merasa kesulitan pada soal ini diberikan pembahasannya sekaligus. Pembahasan berupa video pembelajaran daring/online mata pelajaran matematika SMP/MTs. 

Materi soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 diambil sesuai buku siswa/ buku guru Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. 

Soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Materi dari soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 K-13 terdiri dari 3 BAB yaitu:

BAB 1 Pola Bilangan
1.1 Menentukan Persamaan dari Suatu Barisan Bilangan
1.2 Menentukan Persamaan dari Suatu Konfigurasi Objek

BAB 2 Koordinat Kartesius
2.1 Posisi Titik Terhadap Sumbu-X dan Sumbu-Y
2.2 Posisi Titik Terhadap Titik Asal (0, 0) dan Terhadap Titik Tertentu (a, b)
2.3 Posisi Garis Terhadap Sumbu-X dan Sumbu-Y

BAB 3 Relasi dan Fungsi
3.1 Memahami Bentuk Penyajian Relasi
3.2 Memahami Ciri-ciri Fungsi
3.3 Memahami Bentuk Penyajian Fungsi
3.4 Memahami Korespondensi Satu-satu



Soal PTS Matematika Kelas 8 Semester 1

Jawablah soal di bawah ini dengan benar!


BAB I POLA BILANGAN

Nomor 1 
Tiga suku berikutnya dari pola barisan bilangan 
7, 4, 10, 8, 13, 12, 16, …, …, …. adalah …. 
A. 15, 18, 20 
B. 16, 19, 20 
C. 16, 18, 21 
D. 16, 19, 21 

Nomor 2 
Dua suku berikutnya dari pola barisan bilangan: 1, 6, 13, 22, … , … adalah …. 
A. 32, 45 
B. 32, 46 
C. 33, 46 
D. 33, 45 

Nomor 3 
Dua suku yang hilang dari pola: 1, -2, 2, 3, …, 4, 5, 2, 6, 7, 4, … adalah …. 
A. 1 dan 4 
B. 1 dan 7 
C. 0 dan 4 
D. 0 dan 8 

Nomor 4 
Jumlah 15 suku pertama dari barisan bilangan asli ganjil adalah …. 
A. 225 
B. 215 
C. 205 
D. 195 

Nomor 5 
Suku ke-30 dari barisan bilangan 3, 7, 11, 15, 19, … adalah …. 
A. 100 
B. 112 
C. 119 
D. 130 

Nomor 6 
Perhatikan pola berikut! 

Banyaknya lingkaran pada pola ke-16 adalah ….
A. 210
B. 240
C. 256
D. 272

Nomor 7
Perhatikan pola gambar menggunakan batang korek api berikut! 

Banyak batang korek api pada pola ke-10 adalah ....
A. 86
B. 88
C. 108
D. 130

Nomor 8
Perhatikan gambar berpola berikut! 

Banyak persegi satuan pada pola ke-8 adalah ….
A. 145
B. 138
C. 127
D. 113

Nomor 9
Angka satuan pada bilangan 2013²⁰²¹ adalah ….
A. 9
B. 7
C. 3
D. 1

Nomor 10
Pada tumpukan batu bata, banyak batu bata paling atas ada 8 buah, tepat di bawahnya ada 11 buah, dan seterusnya dimana setiap tumpukan di bawahnya selalu lebih banyak 3 buah dari tumpukan di atasnya. Jika ada 15 tumpukan, banyak batu bata pada tumpukan paling bawah adalah ….
A. 36
B. 40
C. 42
D. 50



BAB II KOORDINAT KARTESIUS

Nomor 11
Koordinat titik P yang berjarak 5 satuan dari sumbu-X adalah ….
A. P(5, 0)
B. P(0, 5)
C. P(1, 5)
D. P(5, 1)

Nomor 12
Titik-titik yang berada di kuadran II adalah ….
A. (4, 3)
B. (4, -3)
C. (-4, 3)
D. (-4, -3)

Nomor 13
Perhatikan titik-titik pada koordinat kartesius berikut. 
Titik yang berkoordinat (6, -2) adalah ….
A. titik A
B. titik B
C. titik E
D. titik F

Nomor 14
Perhatikan gambar berikut. 
Berdasarkan gambar, koordinat titik A dan F berturut-turut adalah ….
A. (3 ,-4) dan (4 ,-3)
B. (-4 ,3) dan (4 ,-3)
C. (3 ,-4) dan (-3 ,4)
D. (-4 ,3) dan (-3 ,4)

Nomor 15
Perhatikan gambar berikut.


Garis k dan l merupakan dua garis yang ….
A. sejajar
B. tegak lurus
C. berimpit
D. berpotongan

Nomor 16
Bangun datar PQRS mempunyai koordinat titik-titik sudut P(3, 3), Q(-1, -2), R(3, -7), dan S(7, -2). Bangun tersebut adalah ….
A. jajargenjang
B. persegi
C. belah ketupat
D. persegipanjang

Nomor 17
Sebuah bangun datar ABCD berbentuk persegi mempunyai koordinat titik-titik sudut A(-1, 2), B(-1, -4), C(5, -4), maka koordinat titik D adalah ….
A. (5, 2)
B. (-5, 2)
C. (4, 2)
D. (4, -2)



BAB III RELASI DAN FUNGSI

Nomor 18
Relasi dari himpunan A ke himpunan B pada diagram panah berikut adalah ….

A. dua kali dari
B. setengah dari
C. kurang dari
D. satu kurangnya dari

Nomor 19
Jika himpunan P = {3, 4, 5, 6} dan himpunan Q = {0, 1, 2, 3, 4}, maka himpunan pasangan berurutan dar P ke Q yang menyatakan relasi “tiga lebihnya dari” adalah ….
A. {(0, 3), (1, 4), (2, 5), (3, 6), (4, 7)}
B. {(3, 0), (4, 1), (5, 2), (6, 3), (7, 4)}
C. {(0, 3), (1, 4), (2, 5), (3, 6)}
D. {(3, 0), (4, 1), (5, 2), (6, 3)} 

Nomor 20
Perhatikan diagram panah berikut. 
Rumus fungsi dari P ke Q adalah ….
A. f(x) = -3x – 2
B. f(x) = 2x + 3
C. f(x) = 2x + 5
D. f(x) = 3x + 4

Nomor 21
Diketahui rumus fungsi f(x) = -4x + 5. Nilai dari f(-5) adalah ….
A. -25
B. -15
C. 20
D. 25

Nomor 22
Diketahui rumus fungsi f(x) = x² - 7x + 12. Nilai dari f(-3) adalah ….
A. -21
B. 0
C. 21
D. 42

Nomor 23
Suatu fungsi f dinyatakan f(x) = ax + b. Diketahui f(-2) = 8 dan f(3) = -2. Nilai a dan b berturut-turut adalah ….
A. -3 dan 4
B. -2 dan 4
C. 3 dan -4
D. 2 dan -4

Nomor 24
Jika f(x – 2) = 4x – 7 maka nilai f(1) = ….
A. 11
B. 5
C. 3
D. -3

Nomor 25
Fungsi h dinyatakan dengan h(x) = px + q. Jika h(4) = -35 dan h(-3) = 14, maka nilai h(9) = ….
A. -84
B. -70
C. 70
D. 84

Nomor 26
Fungsi f(x) = ax + b. Jika f(0) = 3 dan f(3) = 9, maka bayangan dari x = -4 adalah ….
A. 11
B. 5
C. -5
D. -11

Nomor 27
Jika diketahui f(x) = 3x – 7 dan f(x) = -4, maka nilai dari x adalah ….
A. 3
B. 2
C. 1
D. 0

Nomor 28
Perhatikan grafik berikut. 

Jika banyak buku yang terjual ada 20, harga penjualannya adalah ….
A. Rp42.000,00
B. Rp40.000,00
C. Rp36.000,00
D. Rp32.000,00

Nomor 29
Korespondensi satu-satu yang mungkin dari P = {2, 4, 6, 8} ke Q = {a, c, e, g} sebanyak ….
A. 24 cara
B. 16 cara
C. 8 cara
D. 4 cara

Nomor 30
Terdapat 5 siswa putra dan 5 siswa putri yang akan dibentuk menjadi tim ganda campuran untuk mewakili sekolah dalam pertandingan bulu tangkis. Banyaknya kemungkinan pasangan yang dapat terbentuk adalah ….
A. 30
B. 60
C. 120
D. 240



SELAMAT BELAJAR

===
Soal latihan persiapan tes/ujian/ulangan PH/UH PTS/UTS PAS/UAS PAT/UKK USBN UNBK
Video pembelajaran materi dan soal matematika Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs