Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 (IX) SMP/MTs Semester 1 (Ganjil) Berdasar Kurikulum 2013
Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Kurikulum 2013 (dalam kurikulum KTSP disebut dengan Ulangan Tengah Semester/UTS) mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 (VII) Semester 1 (Gasal/ Ganjil) SMP/MTs. Soal ini bisa dipakai untuk latihan mengerjakan soal dalamrangka menghadapi ujian PTS/PTS.
I.
Pilihlah jawaban yang paling tepat diantara huruf A, B, C atau D,
dengan cara menghitamkan lingkaran pada lembar jawab yang tersedia!
Bacalah
teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman
ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena dapat diatasi, tetapi kejadian ini
terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan baru yang
menurut saya sangat baik. Dia menunjukkan betapa baiknya dirinya dengan selalu
membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami
bertemu untuk pertama kali saat pendaftaran calon peserta pidato tingkat
nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya
memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya adalah orang yang sangat pelupa sehingga
tidak jarang saya meninggalkan tugas yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit
menghafal nama orang. Namun, teman baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya
sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa
lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada
diri teman saya. Ternyata dia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda
yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi
sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang
pelupa. Setelah dia tahu semua tentang saya, dia berusaha untuk memusuhi saya
secara diam-diam.
Saya yang
bersifat terbuka dengan orang lain mendapat pelajaran berharga bahwa berhati-hati
dan tidak mudah percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima
memang fatal. Namun, jika saya lebih bisa menjaga diri pasti kejadian ini dapat
dicegah.
1.
Kelemahan
yang dimiliki penulis cerita adalah . . . .
A.
bersikap
ceroboh
B.
kurang
perhatian pada orang lain
C. pelupa dan mudah percaya kepada orang lain
D. menganggap setiap masalah dengan sepele
2.
Peristiwa
kurang menyenangkan yang dialami penulis cerita adalah . . . .
A. dikhianati
teman yang ia percaya
B. dirugikan
dalam keuangan
C. ditipu dalam suatu urusan
D. disombongi temannya
3.
Berdasarkan
struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan bagian . . .
A. orientasi
B. interpretasi
C. insiden
D. koda
4.
Nilai atau
pelajaran yang terdapat dalam cerita tersebut adalah . . .
A.
Kita harus
memperbanyak teman.
B.
Kita harus
berhati-hati dan waspada dengan sikap orang lain.
C.
Kita harus
membantu teman yang membutuhkan bantuan.
D.
Watak
orang harus kita kenali dengan baik.
5.
Pernyataan
yang tepat tentang teks eksemplum adalah...
A. merupakan teks cerita yang mengisahkan seorang
tokoh atau pelaku.
B. merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan
tokoh-tokoh hewan.
C. merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis
dengan berpusat pada tokoh.
D. merupakan
teks yang menguraikan beberapa kisah nyata dalam kehidupan untuk keperluan
informasi.
6.
Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada
bagian ....
A.
kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat
7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A.
orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B.
orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, insiden, interpretasi
D. orientasi, insiden, kesimpulan
8.
Perhatikan
kalimat acak berikut!
1)
Saya pun
menuruti permintaannya, meskipun pada saat itu saya belum mempunyai SIM.
2)
Ketika
akan berangkat, kakak menyuruh saya untuk duduk di depan karena dia mengantuk.
3)
Kakak saya
berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kamu berhenti saja. Jangan panik.”
4)
Kemudian
kami sampai di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
5)
Satu jam menempuh
perjalanan rasanya aman-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan
kalimat yang benar agar membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum
adalah . . . .
A.
2-3-4-1-5
B.
2-1-4-3-5
C. 2-1-3-5-4
D. 2-1-5-3-4
Bacalah
kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke
salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami,
kakak saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang
saja Kakak. Kakak tadi jatuh karena mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar
permintaan Kakak saya. [ . . . ]
9.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah . . .
A.
Sepeninggal
polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B.
Beruntung
polisi tidak mencurigai kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C.
Tuhan
masih memberikan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar
saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta kakak saya untuk
memperlihatkan SIM beserta STNK-nya.
Perhatikan
kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, aku pulang dari sekolah
dengan wajah lesu. Nilai matematika yang aku dapatkan hari itu sangat
memalukan. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan tentang nilai yang didapatkan
anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas
sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kamu dapat nilai berapa, Nak?” Aku hanya terdiam
dan sulit untuk berkata-kata, hingga ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan
wajah takut aku pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara
lirih. “Matematika aku, mendapat nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku ibu pun
marah. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku. Kemudian beliau
menasihati aku.
Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium
dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak
membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. Saat Rose
ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.
10.
Berdasarkan
dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar adalah . . . .
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A.
|
Insiden dari
teks eksemplum
|
Komplikasi
dari teks cerpen
|
B.
|
Orientasi
dari teks eksemplum
|
Resolusi
dari teks cerpen
|
C.
|
Komplikasi
dari teks cerpen
|
Resolusi
dari teks eksemplum
|
D.
|
Orientasi
dari teks cerpen
|
Komplikasi
dari teks eksemplum
|
11.
Dari
kutipan teks 1, kalimat yang menggunakan kata keterangan cara adalah . . .
A.
Mendengar
jawabanku ibu pun marah.
B.
Dilemparkan
buku matematika itu tepat di depanku.
C.
“Hari ini
kamu dapat nilai berapa, Nak?”
D.
Siang itu,
dengan wajah lesu aku pulang dari sekolah.
12.
Bukti
bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 adalah . . .
A.
Ibu
melemparkan buku matematika di depanku.
B.
Ibu
menanyakan hasil ulangan matematika.
C.
Ibu
mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D.
Ibu
menasihati aku.
13.
Kalimat berikut
yang menggunakan keterangan waktu adalah . . .
A.
Dengan
wajah takut aku pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara
lirih.
B.
Namun,
Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C.
Dilemparkan
buku matematika itu tepat di depanku.
D. Hari Kamis
pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose
Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, aku dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku.
Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di
halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata
temanku, saat itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, aku menawarkan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara
itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu
kujatuhkan dan ditangkap oleh teman-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah
tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. Teman-temanku langsung mengambil
langkah seribu. Tinggallah aku di atas pohon. Setelah turun, aku dimarahi
habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun dia tidak memukulku dengan tongkatnya,
aku sangat takut hingga menangis.
[ . . . ]
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku
menungguku. Mereka justru menertawakanku.
14. Insiden yang terjadi dalam teks di atas adalah . . . .
A. Jatuh dari pohon jambu
B.
Mencuri dan ketahuan pemiliknya.
C. diejek teman-teman
D. memanjat pohon jambu yang lebat buahnya
15. Bagian interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks
tersebut adalah. . . .
A.
Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. Aku tidak meminta izin
lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan
merampas hak orang lain. Aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. Aku
juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B.
Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia
mengacung-acungkan tongkat kayunya. Peristiwa itu menjadi tontonan warga
sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C.
Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada
Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah diambilnya.
Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke
polisi.
D.
Setelah sampai di rumah, aku mengadukan peristiwa itu kepada orang tuaku.
Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, aku ingin orang tuaku membelaku.
16. Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada
kalimat . . . .
A. Paragraf kedua kalimat kedua
B.
Paragraf kedua kalimat ketiga
C. paragraf pertama kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama
17. “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu,
Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata
keterangan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B.
kata
keterangan waktu
C. keterangan tujuan
D. keterangan cara
18. Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk setara
adalah . . .
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada
pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu aku tinggal di sini.
D.
Ia seorang
perawat, jika ia bekerja di rumah sakit.
19. Kalimat majemuk bertingkat hubungan syarat terdapat
pada kalimat . . .
A. Kami belajar dengan sungguh-sungguh agar nilai ujian
kami memuaskan.
B. Kami akan belajar lebih serius lagi jika ujian sudah
di depan mata.
C. Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya
karena mendapat tugas piket kelas.
D.
Kami belajar sungguh-sungguh setelah diberi motivasi oleh guru kami.
Dita menyesal karena ia menyadari
bahwa membuat sarang burung itu lebih
baik menggunakan jerami agar kokoh.
20.
Kalimat di
atas merupakan jenis kalimat . . . .
A.
tunggal
B.
majemuk
bertingkat
C. majemuk setara
D. inti
21.
Perhatikan
kalimat berikut!
Mereka melaksanakan kegiatan rutin
yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
Bagian yang menyebabkan tidak efektif
pada kalimat di atas adalah . . . .
A.
Mereka,
selalu
B.
Selalu,
sering
C. sering, setiap tahun
D. selalu, setiap tahun
22. Di bawah ini kalimat yang paling tepat adalah...
A. Ibu guru kami akan berangkat keJambi.
B. Nanti malam kami akan belajar kelompok kerumah Ita.
C. Ima baru datang dari Sekolah sejak siang tadi.
D.
Setiap Sabtu kami mengikuti kegiatan di sekolah.
23. Jarak antara kami dan spanduk yang berlatar hijau itu lima meter.
(menagkap makna)
Kata hubung intrakalimat yang
dipergunakan dalam kalimat di atas kurang tepat. Kata hubung yang tepat
digunakan adalah . . . .
A. atau
B. pada
C. dengan
D. sampai
Cermati
kutipan berikut!
(1) Terkadang hal yang begitu menyenangkan, dapat menjadi sebuah
musibah, yang begitu menegangkan. Itulah, yang kualami satu bulan yang lalu.
(2) Hari yang begitu menyenangkan untukku dan teman-temanku. (3) Saat itu
liburan telah tiba dan kami, memutuskan untuk menghabiskannya di sebuah tempat
hiburan. (4) Dengan begitu senang, aku berjalan dengan semangat.
24.
Kalimat
yang ditulis dengan tanda baca yang benar adalah kalimat . . . .
A.
1
B.
2
C. 3
D. 4
Baca
kutipan berikut untuk soal nomor 25-26!
Kini anak cenderung menjadikan ibu
sebagai orang yang dapat memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling
dekat dengan dirinya. Selain sebagai pelindung, ibu juga menjadi sosok teladan
bagi anak-anaknya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari
keluarga, kemudian anak mengambil nilai-nilai yang ditanamkan keluarganya, baik
secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini, orang tua hendaknya menjadi contoh
yang positif bagi anak-anaknya. Meskipun anak bisa mengambil contoh orang lain,
tetapi ibu tetap sosok terdekat dengan dirinya.
25.
Kata
hubung antarkalimat dalam teks di atas terdapat adalah. . . .
A. dengan
demikian
B. selain
sebagai
C. meskipun
D. tetapi
26.
Kata
hubung intrakalimat yang terdapat dalam kutipan di atas adalah . . . .
A.
kemudian, tetapi,
meskipun
B.
dengan
demikian, meskipun, tetapi
C. dengan demikian, kemudian, atau
D. bagi, dalam hal ini, kemudian
Perhatikan kutipan teks berikut!
Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah
desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat ia mendapat undangan pesta
dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.
Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai
mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia
pergi ke hulu sungai tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. Kalau
ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang
dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah. Pak Lebai berpikir
keras untuk mendapatkan semuanya.
27. Ringkasan teks di atas yang paling tepat adalah . . .
A.
Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia
memilih salah satu undangan yang paling menguntungkan dirinya.
B.
Pak Lebai mendapat dua undangan pesta yang diadakan pada waktu yang sama
dari desa tetangga. Dia berpikir keras bagaimana caranya agar mendapatkan
dua-duanya.
C.
Pak Lebai mendapat dua undangan pesta dengan waktu yang bersamaan. Dia
mencari waktu yang tepat untuk bisa menghadiri dua undangan tersebut.
D.
Pak Lebai tidak mendapatkan apa yang diharapkan. Dia kehilangan kepala
kerbau dan kue-kue yang enak.
28. Sifat yang dimiliki oleh Pak Lebai adalah . . . .
A. bijaksana
B. pelupa
C. penakut
D. serakah
Perhatikan kutipan berikut!
Kami tiba di stadion tepat pukul 9 malam. Tribun telah penuh oleh undangan.
Satu jam berikutnya acara dimulai. Sesuai dengan undangan yang kami terima,
acara dibuka oleh Gubernur DIY. Pada saat hiburan ditampilkan, semua penonton
merasa puas. Acara malam itu sangat meriah. Kamipun pulang setelah pertunjukkan
kembang api sebagai akhir kegiatan.
29. Kekurangan kutipan teks eksemplum di atas adalah . . .
A. Menggunakan kata ganti kami.
B. Tidak ada alur kegiatan yang jelas.
C. Bersumber dari pengalaman penulis.
D.
Tidak terdapat insiden yang tidak diharapkan.
30. Perbaikan kutipan teks di atas agar menjadi lebih baik
adalah . . . .
A. Menghilangkan kalimat kedua.
B. Mengganti kata pada saat dengan kata ketika.
C. Mengganti kata kami dengan kata ganti saya.
D. Menghilangkan kata semua dan memisahkan pun dari kata kami.
II. Jawablah pertanyaan uraian berikut dengan jawaban yang paling tepat!
1. Jelaskan ciri-ciri teks eksemplum!
2. Buatlah 2 kalimat dengan keterangan cara!
3. Buatlah 2 kalimat dgengan keterangan tujuan!
4. Buatlah 2 kalimat majemuk setara!
Perhatikan kutipan teks berikut!
Liana adalah seorang pelajar yang pandai. Ia selalu mendapatkan juara kelas sejak SD hingga SMP. Sayangnya, kepandaiannya ini membuat dirinya sombong. Ia enggan berbagi kepintaran dengan dengan teman-temannya. Tiap kali ada teman yang menanyakan tugas kepadanya, dia enggan mengajari. Bahkan, saat guru meminta mereka mengerjakan tugas kelompok, ia selalu ingin mengerjakannya sendiri. Sikap sombong Liana membuatnya dibenci oleh teman-teman sekelasnya.
[ . . . ]
5. Lanjutkan kutipan teks di atas dengan menuliskan insiden sesuai dengan kreativitas kalian!